Id : adobeflexmx

Kursus / Bimbel / Aplikasi Adobe Flex MX

Adobe Flex MX

Rich Internet Application | Front End Framework

Adobe Flex merupakan teknologi terbaru dari Adobe yang mendukung Rich Internet Application (AIRs). AIRs sendiri merupakan aplikasi web yang memilki karakteristik mirip dengan aplikasi desktop, dijalankan menggunakan sebuah web browser, memerlukan plung-in dan secara independent menggunakan sandboxes atau virtual machines.
Contoh lain dari RIAs adalah Ajax, curl, GWT, Adobe Flash / Adobe Flex / AIR, Jawa / JavaFX, Mozilla XUL, OpenLaszlo dan Microsoft Silverlight. Secara umum, adobe flex merupakan sebuah framework untuk membangun RIAs yang berbasish flash player.

Adobe Flex merupakan jenis bahasa baru yang menggunakan MXML ( markup language based on Etetensible Markup Language (XML)). Sama halnya dengan XML, MXML hanyalah sebuah text. Oleh karena itu MXML dapat dikembangkan menggunakan text editor biasa.

Adobe Flex berbasis Flash, tapi bukan berarti Flex sama dengan Flash Antara lain tidak terdapatnya fitur timeline di dalamnya. Adobe Flex memiliki dua bahasa utama, yaitu MXML dan Action Script 3.0. MXML digunakan untuk membangun UI (presentation layer) sedangkan ActionScript sebagai behavior atau logic layer nya. Seperti hubungan antara XHTML dengan Javascript.

Setiap Adobe Air project dibuat, maka file default MXML akan dibuat didalam project workspace. MXML ini berfungsi seperti page HTML yaitu sebagai frame dari UI nya, dan untuk mengatur behaviournya diperlukan ActionScript. adanya fitur design view adalah untuk bisa membuat UI sederhana yang terdiri dari DataGrid dan Label.


Adobe Flex merupakan front end framework yang berarti butuh bahasa/ framework lain untuk Backendnya terutama untuk akses ke sistem databasenya, al: Java, .Net, PHP dan Coldfusion. Develop Aplikasinya bisa menggunakan Adobe Flashbuilder 4 (IDE, SDK dan runtime, trial 60 hari), XAMPP (MySQL dan PHP Webserver) dan Notepad++ (edit PHP script).
Ada juga Flex Builder yang berbayar, atau yang open source IDE : FlashDevelop.

Reffrensi Adobe Flex MX
  • https://kikiahmadi.com/2011/01/12/berkenalan-dengan-adobe-flex-4/
  • https://www.tutorialspoint.com/flex/index.htm
  • http://www.myflex.org/presentations/fms/slides.pdf

Kursus Reguler Adobe Flex MX

Biaya Rp. 1.500.000;

Target Belajar Adobe Flex MX al penguasaan dalam hal :

  • Hari ke-1:
    membuat kalkulator matematika pembahasan fungsi matematika pada Adobe Flex MX membuat kalkulator kalimat / fungsi String pada Adobe Flex MX charAt(int index), equals(Object obj), equalsIgnoreCase(String string) compareTo(String string),compareToIgnoreCase(String string) indexOf(int ch), substring(int beginIndex) concat(String str),replace(char oldChar, char newChar) trim(),toCharArray(), length() pembuatan dan penerapan fungsi sendiri pengayaan materi : penggunaan Toolbox radiobutton, ComboBox, ListBox, checkbox Adobe Flex MX

  • Hari ke-2:
    Logika Perbandingan Adobe Flex MX: If & Nesting If (if..else..end) , switch Penerapan Statement (While..do / do while) Review Materi Hari1, Hari2 pengayaan materi :penerapan tabel Adobe Flex MX

  • Hari ke-3:
    Pengenalan Variabel database koneksi Adobe Flex MX Operasi Penyimpanan ke database, Mengedit data, menghapus data, menampilkan data Navigasi Antar Halaman pengayaan materi : Messagebox, Confirmdialog Adobe Flex MX Navigasi Antar Halaman

  • Hari ke-4-5:
    Penerapan Relasi database Review Materi Hari1, Hari2, Hari3 dalam studi kasus Relasi Database Pembuatan Contoh Aplikasi Relational Database Penerapan Login Multi Aktor Menu Utama dan Aplikasi Berbasis Database


NB:
Lama Belajar 5 Hari @ 3jam
Kelas Minimal 2 Orang
Jika Membawa Laptop Sendiri Harus Sudah Terinstall Program

Adobe Flex MX

Flex is a powerful, open source application framework that allows you to build traditional applications for browser, mobile and desktop using the same programming model, tool, and codebase. These resources are delivered from a server to the client’s browser using the customary HTTP request / response fashion and Flash Player which runs the application in a browser.

Advantages of Flex:

  • Flex applications are usually Flash Player based which can access device capabilities like GPS, camera, local database, graphics accelerometer.

  • Flex applications can run on Android, BlackBerry Tablet OS, and iOS devices.

  • Flex applications can run on Browsers as well as on Desktop.

  • Flex applications are platform independent. UI can be native to platform or can be made same on each platform.

  • Flex applications can interact with server with all major server side technologies like Java, Spring, Hibernate, PHP, Ruby, .NET, Adobe ColdFusion, and SAP using industry standards such as REST, SOAP, JSON, JMS, and AMF.

  • Flex Applications assures rich user experience through intuitive interaction with the application and presenting information in a visually richer interface.

  • Flex application is a single page application where states can transition from one state to other state without having to fetch a new page from the server or to refresh the browser.

  • Flex application reduces the load on the server to great extent because it is only required to return the application once, rather than a new page every time when the user changes views.

REQUEST CLASS

Kelas Dibuka Sesuai Permintaan Peserta. Umumnya Untuk Studi Kasus khusus, Implementasi, Prototype, Sistem Usulan, CRISP-DM, maunpun Pembaruan (Novelty) dari Aplikasi yang sudah ada sebelumnya

  • Pilihan Sistem / Database:

    Adobe Flex MX Pengolahan Database, Looks n Feel, Create Update Delete Search Data terhadap kolom tabel database yang dibuat Penerapan pada Database Dynamic : Ms. SQL Server, Oracle, Mysql, postGreeSQL, Firebase, MongoDB Penerapan pada Data Static : .xls, .mat, .csv, .txt , API Media Sosial, SMS gateway, Mail Gateway, Auto Respon Telegram/Medsos, SMTP/SMPP, Notifikasi Bonus: Studi Kasus / Sistem Informasi


Contoh Penerapan Untuk Sistem Sekolah

  • Implementasi 1:

    sistem informasi manajemen sekolah, sistem yang berfungsi untuk mengelola sekolah, baik berupa anggaran dan tata kelola pendidikan.

  • Implementasi 2:

    sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan, sistem yang berfungsi untuk menilai guru terbaik yang ada pada sekolah. untuk menilai ini biasanya menggunakan kriteria. dalam hal ini penggunaan metode2 perangkingan (SAW, TOPSIS, WP, Fuzzy dll bisa di gunakan)

  • Implementasi 3:

    sistem pendukung keputusan penentuan pemberian beasiswa, sistem yang berfungsi untuk menentukan layak dan tidak layaknya pemberian beasiswa kepada murid

  • Implementasi 4:

    sistem pendukung keputusan evaluasi kinerja guru, sistem yang berguna untuk mengevaluasi kinerja guru baik dari pengajaran maupun sikap dan kedisiplinan

  • Implementasi 5:

    sistem informasi penerimaan siswa didik, sistem yang digunakan untuk menerima siswa didik baru pada suatu sekolah

  • Implementasi 6:

    sistem informasi perpustakaan sekolah, sistem yang digunakan untuk mengelola buku yang ada diperpustakaan baik peminjaman maupun pengembalian buku disekolah

  • Implementasi 7:

    sistem informasi pengelolaan lpj dana bos, sistem yang digunakan untuk mengelola data bos pada suatu sekolah

  • Implementasi 8:

    sistem pendukung keputusan penentuan kelas terbaik, sistem yang berfungsi untuk mengevaluasi kelas berdasarkan ketentuan yang ada

  • Implementasi 9:

    sistem informasi pembayaran spp dan bangunan, sistem yang digunakan untuk mengelola data spp dan bangunan sekolah siswa


PILIHAN JENIS KURSUS